Minggu, 13 Oktober 2019

Abu Hurairah, Sahabat Rasulullah Berjuluk 'Bapak Kucing Kecil'

Abu Hurairah, Sahabat Rasulullah Berjuluk 'Bapak Kucing Kecil'
Abu Hurairah bukanlah nama, namun julukan yang diberikan Rasulullah kepada Abdurrahman.
Dream - Nama Abu Hurairah RA cukup tersohor dalam kajian ilmu hadis. Sabahat Rasulullah Muhammad SAW ini memang dikenal sebagai periwayat hadis terbanyak di antara para sahabat-sahabat lainnya.
Abu Hurairah merupakan sosok yang sangat rajin ibadah. Dia adalah sahabat yang sering mengikuti aktivitas Nabi SAW, sehingga banyak merekam hadis, baik seputar perkataan, perbuatan, bahkan sikap Rasulullah.
Nama asli Abu Hurairah adalah Abdu Syam bin Shakhr. Dia memeluk Islam ketika Rasulullah tinggal di Madinah, di masa antara perjanjian Hudaibiyah dengan perang Khaibar.
Ada peristiwa istimewa ketika Abu Hurairah memeluk Islam. Ketika itu, Rasulullah bertanya dari mana asal Abu Hurairah.
" Dari mana, engkau?" tanya Rasulullah.
" Dari Daus," jawab Abu Hurairah yang kala itu masih bernama Abdu Syam.
Rasulullah kemudian meletakkan tangannya di pelipis Abu Hurairah, lalu mengibasnya.
" Aku belum pernah melihat orang Daus yang penuh kebaikan (sepertimu)," kata Rasulullah.
Ketika masuk Islam, Abu Hurairah berganti nama menjadi Abdurrahman. Nama itu merupakan pemberian Rasulullah SAW untuk mengganti nama sebelumnya, Abdu Syam, yang dinilai bermakna buruk.
Sedangkan nama Abu Hurairah sebenarnya merupakan julukan dari Rasulullah SAW. Ada peristiwa menarik yang membuat Abdurrahman mendapat julukan itu.
Suatu hari, ketika dia menggembala kambing, Abdurrahman menemukan seekor anak kucing. Dia pungut anak kucing itu dan merawatnya.
Setiap malam, Abdurrahman meletakkan anak kucing itu di batang pohon. Pada siang hari, dia menaruh anak kucing itu di lengan bajunya dan bermain dengan hewan lucu tersebut.
Suatu ketika, anak kucing itu mengeong sampai terdengar oleh Rasulullah SAW. Sang Nabi lalu bertanya kepada Abdurrahman.
" Apa itu?" kata Rasulullah.
" Anak kucing yang aku temukan, ya Rasulullah," jawab Abdurrahman.
" Baiklah, maka engkau adalah Abu Hurairah (bapak kucing kecil)," kata Rasulullah, dan sejak saat itu dia dipanggil Abu Hurairah.
https://www.dream.co.id/orbit/abu-hurairah-sahabat-rasulullah-berjuluk-bapak-kucing-kecil-180409m.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISAH: Asal-usul Kucing Hitam Dianggap Pembawa Kutukan

MITOS  kutukan kucing hitam membawa sial ternyata tidak hanya berlaku di Indonesia, tetapi juga di Eropa. Orang-orang Benua Biru percaya b...